7 Mafaat Melakukan Zakat - Galeri Ulama Salaf

7 Mafaat Melakukan Zakat

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban semua umat muslim. Bahkan, zakat termasuk dalam rukun Islam sehingga tidak boleh seseorang yang mengaku Islam meninggalkan kewajiban membayar zakat fitrah ini. Setiap muslim yang sudah memenuhi syarat wajib zakat haruslah membayarkan zakat dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

gambar ilustrasi

Didalam agama Islam, zakat tidak hanya berupa zakat fitrah saja, namun juga ada zakat mal. Perbedaannya terletak pada bentuk zat yang dibayarkan dan waktu permbayarannya. Jika zakat fitrah, maka wajib dibayar oleh orang yang masuk ke dalam golongan wajib membayar zakat fitrah untuk orang yang berhak menerima zakat fitrah di bulan Ramadhan, berupa berat 3.5 liter atau 2.7 kg beras atau makanan pokok lain yang berlaku di wilayah tersebut.

Sementara itu, zakat mal merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim terhadap harta mereka yang telah memenuhi nishab dan kurun waktu satu tahun. Harta yang harus dibayarkan untuk zakat mal ini bermacam-macam, bisa harta berupa uang, emas, hasil pertanian, hasil tambang dan lain-lain, dimana untuk setiap jenis harta memiliki perhitungannya sendiri.
Keistimewaan Melakukan Zakat Fitrah

Setiap hal yang diperintahkan atau dilarang oleh Allah pastilah memiliki hikmah tersendiri. Begitu pula dengan kewajiban membayar zakat fitrah, juga memiliki hikmah dan manfaat yang bisa dipetik oleh manusia. 
Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat zakat fitrah, yang bisa kita ambil hikmahnya:

Membersihkan harta

Berdasarkan surat at Taubah ayat 103, bahwa zakat akan membersihkan dan menyucikan harta. Harus kita ketahui, bahwa harta yang kita miliki ini bukanlah sepenuhnya milik kita. Oleh karena itu, dengan menunaikan zakat, kita akan membersihkan harta yang kita miliki dari hak-hak orang lain yang ada

Sebagai penghapus dosa

Berdasarkan hadis riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah, Nabi Muhammad saw telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang shaum (berpuasa Ramadhan) dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan yang keji untuk memberi makan orang miskin.

Membantu para fakir miskin

Membayar zakat fitrah haruslah pada bulan Ramadhan dan paling telat adalah sebelum sholat idul fitri. Maka, dengan membayar zakat fitrah, kita telah membantu saudara kita yang kurang beruntung memenuhi kebutuhannya sehingga kita bisa bergembira bersama merayakan hari raya idul fitri.

Meningkatkan rasa saling tolong menolong

Ketika seorang wajib zakat memberikan zakat fitrah kepada fakir miskin, tentunya mereka orang yang mampu akan belajar untuk menumbuhkan rasa saling tolong menolong. Mereka tidak lagi hanya memikirkan kebutuhan diri sendiri, melainkan juga berusaha untuk meringankan kesulitan orang lain.

Memberi umur panjang

Zakat fitrah merupakan zakat pribadi. Menunaikan zakat fitrah berarti juga kita menjalin silaturahmi dengan orang lain, terutama orang-orang yang kurang beruntung dan berhak menerima zakat. Maka, dari silaturahmi yang kita jalin ini Allah akan memberi umur panjang untuknya sehingga dia akan bisa menikmati nikmat yang diberikan Allah untuknya. Tidak hanya umur panjang, umur yang berkah akan juga didapatkan oleh orang yang membayar zakat. Dengan memiliki umur yang berkah, maka dia akan menjadi manusia yang lebih bermanfaat di sepanjang umurnya dan bisa menikmati hidupnya dengan hati yang tenang.

Sebagai sebab dimasukkannya ke surga

Dalam hadis Rasulullah saw disebutkan, “Sesungguhnya di surga terdapat kamar yang luarnya dapat dapat terlihat dalamnya dan dalamnya dapat terlihat dari luarnya.” Kemudian ada seorang badui yang berdiri dan bertanya, “Kepada siapa (kamar tersebut) wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Bagi orang yang berkata baik, memberi makan (di antaranya lewat zakat), rajin berpuasa, sholat karena Allah di malam hari di saat manusia sedang lelap tidur.” (HR. Tirmidzi).

Menambah keimanan

Zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Jika seorang muslim beriman, maka tentu saja dia akan menjalankan perintah Allah secara patuh. Oleh karena itu, membayar zakat akan membuat keislamannya akan lebih sempurna.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

Berikan pendapatmu tentang artikel ini

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done